Praktek Kerja Lapangan

Hellow Miners. Kali ini aku pengen bagi-bagi pengalaman mengenai Praktek Kerja Lapangan (PKL). Mungkin posifriends udah pada tau yah tentang PKL, karena kegiatan ini dilakukan oleh para siswa-siswi SMK maupun kuliah khususnya teknik. Postingan kali ini maksudnya hanya untuk sharing cerita waktu aku PKL dulu taun 2010.

Aku PKL di PT.Indominco Mandiri Site Bontang. Aku ditempatin di Departemen Coal Handling and Processing (CHP) divisi Coal Processing Plant (CPP) West Block Area. Bingung ye ?? hehee, tenang aku jelasin dah.

Alur batubara itu awalnya dari pit (lokasi penambangan) diangkut ke Run of Mine (ROM) yaitu tempat penumpukan batubara sementara, lalu diremukkan (crushing) hingga batubara berukuran seragam yaitu 50 mm, terakhir diangkut ke pelabuhan (port).

Departemen CHP bertanggung jawab atas alur batubara dari ROM ke port, sedangkan divisi CPP bertanggung jawab khusus untuk meremukkan batubara sesuai dengan rencana (plan) dan perhitungan pencampuran batubara (blending) sehingga menghasilkan suatu produk batubara yang diinginkan. Proses-proses yang terjadi di departemen CHP yaitu dumping, primary crushing, secondary crushing, stockpiling, dan hauling to port. Makin bingung ?? aku terangin satu-satu deh. =D

DUMPING
Dumping adalah proses penumpahan batubara oleh suatu unit alat angkut seperti dump truck di suatu tempat/area, dalam proses di CHP unit dumping ke dalam hopper (seperti corong besar pada crusher/alat peremuk).



PRIMARY CRUSHING
Primary crushing adalah proses peremukan batubara oleh unit peremuk batubara (crusher) menjadi ukuran seragam <200 mm. Unit crusher yang digunakan yaitu Stamler Feeder Breaker dengan produktivitas 1100 ton/hour.



SECONDARY CRUSHING
Secondary crushing adalah proses peremukan batubara oleh unit peremuk batubara (crusher) dari ukuran <200 mm menjadi <50mm. Unit crusher yang digunakan yaitu Double Roll Crusher dengan produktivitas 1100 ton/hour.



STOCKPILING
Stockpiling adalah proses penumpukan batubara di area penumpukan batubara (Mine Stockyard) berupa tumpukan-tumpukan (stockpile). Alat yang digunakan pada proses ini yaitu Twin Boom Stacker.



HAULING TO PORT
Hauling adalah proses pengangkutan batubara ke suatu tempat/area, dalam hal ini tempat penumpukan batubara di pelabuhan (port stockyard).



Itu sih secara garis besar kegiatan di crusher, kalo mau tau lebih lanjut atau secara teknis bisa kontak aku di email atau cukup komen di post ini. Kalo posifriends mau liat contoh laporan dan presentasi PKL punyaku juga boleh, tar aku kirimin via email, GRATIS kok. =)


By : Fitrian Sanurdin, ST

Posting Komentar

35 Komentar

  1. wah...kebetulan aku mau ngambil penelitian mengenai ini. bisa kirim contoh laporannya via email?
    terima kasih..
    viva tambang !!

    BalasHapus
  2. boleh juga tuh mas, saya juga lagi bikin tentang laporan eksploitasi tambang, saya bisa minta bantuannya ya mas, bisa kan kirimin lewat email tentang laporan mas yang lagi pkl ditambang..

    kalo seandainya bisa ni email saya andriy104@yahoo.com ditunggu ya bantuannya.....

    terimakasih!!!

    BalasHapus
  3. boleh minta CP PT.Indominco Mandiri Site Bontang nya mas??
    klo bisa tolong di email ke saya devi_mulyanti@rocketmail.com ya mas..
    trimakasih sebelumnya... :)

    BalasHapus
  4. boleh kirim contoh laporannya nggak bang email ku wiraputra116@gmail.com

    BalasHapus
  5. waah bermanfaat sekali. pas banget sama tugas saya yang mau presentasi tentang proses penambangan batubara, kalau boleh, mohon kirim contoh laporannya ke email saya anisaajengnastiti@gmail.com
    terima kasih sebelumnya :)

    BalasHapus
  6. mas boleh minta contoh proposal PKL nya gak kirim ke arum.w.hastuti@gmail.com

    BalasHapus
  7. Kang,saya juga minta contoh proposal KPnya. Hatur Nuhun Kang.
    sy di mochrosin2@gmail.com

    BalasHapus
  8. aku juga bang...
    email ku irfanminers@gmail.com

    BalasHapus
  9. Mau jugaa bang...
    Email ku : ichal_ville39z@yahoo.com

    BalasHapus
  10. nah ini Bagus buat bahan tugas Akhir nih..
    boleh dong contoh liat proposalnya ..
    sekalian sharing sharing
    Rahmadvigi@gmail.com

    BalasHapus
  11. blh jga nih bro,, bsa bgi2 kh?
    ini email sya jembrifchriztovel@gmail.com

    BalasHapus
  12. bang blh minta CP PT. Indominco Site Bontang sama contoh laporan nya?
    Kalo bisa tolong kirim ke email saya muhammadamiruddin74@gmail.com ya bang..
    terimakasih sebelumnya :)

    BalasHapus
  13. Mas bisa bagi laporannya..mw di jadiin acuan nih.. ke bryan.kevin95@gmail.com thanks..

    BalasHapus
  14. kalau boleh aku juga.. ini email ku werdidbd109050@gmail.com

    BalasHapus
  15. saya juga boleh minta juga ngak bang...
    ini email ku simanjuntak_maruli@rocketmail.com

    BalasHapus
  16. saya jga mau minta bang untuk bahan referensi TA ini email saya bang 503.angga@gmail.com

    BalasHapus
  17. Saya juga mau bang. Ni email saya "mdikaandrian@gmail.com"mhon bntuannya.

    BalasHapus
  18. saya juga bang, alx saya pngen pkl disana sdh ngajukin proposal...
    Ni email saya : maild.teknik@gmail.com.
    trima ksih sebelumnya bang

    BalasHapus
  19. Saya juga bang baru mau ngajukan proposal nih... cari2 referensi siapa tau bisa ngambil yang sama ni email saya goldrahman@gmail.com

    BalasHapus
  20. saya juga bang richard.manurung12@gmail.com

    BalasHapus
  21. trimakasih kak buat infonya
    kak saya boleh minta file dan CP perusahaanya?
    buat referensi KP kak
    ini email saya, yeni1810sinaga@gmail.com

    BalasHapus
  22. minta juga ya bang arthia.sisi@gmail.com

    BalasHapus
  23. bisa saya minta file dan CP perusahaanya?
    buat referensi KP kak
    ini email saya, rickyaryadhi@ymail.com

    BalasHapus
  24. Mas boleh minta CP pt.indominco nya ke email ardo_pba@rocketmail.com

    BalasHapus
  25. Hllo bg, maaf sebelumnya. sy jg nta tlg dikirimin boleh? kebetulan mau dijadiin reference buat PKL di sana. terima kasih

    BalasHapus
  26. hallo bang, maaf sblmnya sy minta juga boleh? ada profil perusahaannya? metodologi perusahaannya. tlg email ke taviawidiasitio10@gmail.com
    makasih bang.

    BalasHapus
  27. boleh bang sya dikrim jg, soalnya sya lgi tugas PKL di ITM jg site JBG.. tnak
    email : zaen.rahman88@gmail.com

    BalasHapus
  28. boleh minta cp pt.indominco mandiri mas. kebetulan saya mau ambil kp dan penelitian disana. sudah kirim proposal tpi masih belum ada jawaban. ini email saya mas = sidareja28@gmail.com

    BalasHapus
  29. wah sangat membantu info nya. boleh minta contoh laporan nya?ini email saya rahmantofaisalrizqi@gmail.com contoh laporan akan sangat membantu bgt hehe
    terima kasih
    best regards
    faisal rizqi

    BalasHapus
  30. terima kasih buat infonyaa.
    minta tolong dong kalau bisa kirim laporannya ke email saya deafriski@yahoo.com
    terima kasih banyak atas kerjasamanya sebelumnya.

    salam
    Dea Friski

    BalasHapus
  31. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  32. Bang bisa berbagi ilmu tetang PKL crasher, soalnya saya mau ngambil tentang crasher, ini emai saya murdileo@gamail.com mohon bantuannya bang ya..

    BalasHapus
  33. Hallo mas
    Saya sangat ingin sekali bisa magang di sana , bisa minta kontaknya ga mas ? Mau tanya2
    Makasi
    Bisa langsung hubungi saya lewat email mas triwardani9377@gmail.com
    Saya tunggu ya mas

    BalasHapus
  34. Maaf mas sebelumnya, apakah saya boleh minta cp dan filenya untuk referensi???
    Kalau boleh ini alamat email saya maratussholikhah473@gmail.com
    Terima kasih

    BalasHapus
Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)