Seminar Kyoto University Southeast Asia Forum di Universitas Mulawarman


Menristek: “Kaltim Harus Bisa Mengangkat SDM dan SDA Lebih Baik Lagi, Tidak Hanya di Tingkat Universitas Tetapi Sampai Pada Tingkat Desa.”
Hal tersebut disampaikan mantan Menteri Lingkungan Hidup (LH) yang sekarang menjadi Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) RI, Prof. Dr. Ir. H. Gusti Muhammad Hatta., MS dalam seminar yang terselenggara atas kerjasama Unmul dengan Himpunan Alumni Kyoto University (HAKU) Asia Tenggara di Multypurposed Room, Gedung Rektorat Unmul, Sabtu (28/01).
Seminar yang mengangkat pokok pembicaraan “Technical and Social Innovation on Sustainable Utilization of Natural Resources" (Inovasi Sosial dan Teknik Pada Pemanfaataan Sumber Daya Alam Secara Berkelanjutan) itu, dihadiri oleh Wagub Kaltim Drs. H. Farid Wadjdy, Rektor Unmul Prof. Dr. H. Zamruddin Hasid, SE., SU, Vice President Kyoto University Prof. Yuzo Onishi dan Presiden HAKU Dr. Yonathan Pongtuluran, M.Agr.
Selain Alumni Universitas Kyoto dan Unmul, disertakan pula makalah dari Universitas Haluoleo, Universitas Sebelas Maret, Universitas Gajah Mada, Universitas Papua, Universitas Sumatera Utara, Universitas Tanjungpura, IPB, Universitas Palangkaraya, Universitas Tadulako, Universitas Bengkulu, LIPI dan lainnya.
University Kyoto Jepang mengajak kerjasama dan berkolaborasi terhadap upaya penyelamatan lingkungan dunia, kepada para ilmuan dan pakar di Indonesia, khususnya di Kaltim.” kata Vice President of Kyoto University dalam paparannya. Menurut Yuzo, Kyoto University menawarkan beberapa konsep-konsep yang berkaitan dengan tema yang dibicarakan, salah satu substansinya mengenai dampak negatif dari penggalian batu bara yang ada di Kaltim.
Senada dengan Vice Presiden Kyoto University, Rektor mengungkapkan apresiasi yang tinggi atas terselenggaranya kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahun ini. “Semoga didapat hasil yang baik dari kegiatan ini, dan menjadi rekomendasi untuk pengambilan kebijakan ditingkat pusat maupun daerah,”ungkap Rektor sekaligus mengulas tentang penelitian-penelitian dosen Unmul yang berkerjasama dengan Jepang.
Setelah kegiatan seminar, keesokan harinya Minggu (29/01) rombongan Kyoto University melakukan field trip ke PT.Kitadin Tenggarong Seberang dilanjutkan makan siang di Pendopo Bupati Kukar, mengunjungi Kebun Raya Unmul Samarinda (KRUS) dan diakhiri dengan jamuan makan malam di Rumah Dinas Wakil Walikota Samarinda.   
Untuk kegiatan serupa, disepakati akan digelar di Institut Teknologi Surabaya (ITS) sekaligus dipercaya menjadi ketua HAKU yang baru pada tahun 2013 mendatang.
Source by unmul

Posting Komentar

0 Komentar